STP (Segmenting, Targeting, Positioning) YAKULT

    


     Segmenting pasar adalah pembagian suatu pasar yang bersifat heterogen ke dalam satuan pembeli yang bersifat homogen, dimana pada setiap satuan pembeli yang bersifat homogen tsb dijadikan sasaran pasar yang dicapai dengan bauran pemasaran (marketing mix).
   
    Targeting adalah sekelompok pembeli yang memiliki sifat-sifat sama yang membuat pasar berdiri sendiri.

     Positoning adalah kegiatan merancang produk dan bauran pemasaran agar dapat menciptakan kesan tertentu diingatan ataupun benak konsumen.

     Berdasarkan pengertian diatas dapat dikatakan bahwa STP itu penting dalam suatu bisnis atau usaha yang akan dibangun oleh pengusaha. Dengan adanya STP yang tepat, diharapkan produk yang kita tawarkan akan lebih mudah untuk diterima oleh konsumen. Begitu pula dengan produk YAKULT yang menggunakan STP dalam membangun produknya hingga sebesar ini, diantaranya adalah:



Segmenting
  1. Demografis, Yakult tidak memiliki ukuran dalam segmentasi geografisnya, jadi Yakult dapat dinikmati oleh semua umur dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Biasa tersedia dalam ruang lingkup keluarga, dan dapat dinikmati oleh perempuan maupun laki-laki.
  2. Geografis, Yakult tersedia di seluruh wilayah Indonesia dari perkotaan, desa, dan pegunungan. Yakult juga dinikmati di negara-negara lain yang diantaranya di Amerika, Asia, Australia, dan Eropa.
  3. Psikografis, Yakult dapat dinikmati oleh siapa pun dimana harga yang ditawarkan Yakult masih tergolong terjangkau, sehingga segmentasi psikografis Yakult yaitu masyarakat kelas menengah hingga masyarakat kelas keatas.

Targeting
     Targeting yang dilakukan Yakult adalah dengan menawarkan minuman berupa susu fermentasi yang dapat menyehatkan usus bagi yang meminumnya, dapat dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali, dan dapat dinikmati oleh semua umur dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Berdasarkan geografisnya Yakult dapat tersebar dengan mudah di wilayah pusat-pusat kota besar dan selanjutya ditinjau melalui permintaan pasar dan tingkat penjualan.

Positioning
      Positioning yang diterapkan oleh Yakult yaitu dengan memberikan image dan citra yang baik kepada konsumen dengan menawarkan susu fermentasi yang higienis dan menyehatkan bagi usus manusia.






Daftar Pustaka

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer