KUE KEKINIAN (JANNAH CORP)
Bisnis merupakan suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Jadi seseorang atau organisasi yang memiliki bisnis pasti memiliki satu tujuan yaitu untuk mendapatkan keuntungan sehingga dapat mensejahterakan pemiliknya. Berdasarkan pengertian tsb banyak orang yang berlomba-lomba untuk membuka suatu usaha atau bisnis untuk mendapatkan keuntungan. Tidak terkecuali para artis mancanegara maupun artis lokal, mereka berlomba-lomba untuk membuka suatu usaha baik itu usaha sendiri maupun usaha yang dibuka secara bekerjasama dengan sesama artis. Para artis tsb banyak yang memulai membuka bisnisnya dalam berbagai bidang, diantaranya adalah kuliner, kosmetik, properti, dll.
Pada tahun 2017 ini banyak artis yang memulai usaha dalam bidang kuliner yang salah satunya yang saat ini sedang digandrungi masyarakat yaitu makanan manis atau kue. Di masyarakat khususnya para remaja sedang ramai memperbincangkan mengenai Kue Kekinian, dimana kue tsb dipasarkan dan diproduksi sendiri oleh para artis Indonesia yang jenis kue tsb memiliki tampilan yang menarik, cita rasa yang kekinian atau modern, dan memiliki banyak varian rasa. Inilah salah satu foto kue tsb yang sedang ramai diperbincangkan oleh masyarakat Indonesia.
Yuppp... foto tsb adalah foto salah satu bisnis kue yang dimiliki oleh artis Indonesia yang bernama Zaskia Sungkar. Adapun kue sejenis yang dimiliki oleh artis Indonesia lain, seperti berikut ini.
Pada tahun 2017 ini banyak artis yang memulai usaha dalam bidang kuliner yang salah satunya yang saat ini sedang digandrungi masyarakat yaitu makanan manis atau kue. Di masyarakat khususnya para remaja sedang ramai memperbincangkan mengenai Kue Kekinian, dimana kue tsb dipasarkan dan diproduksi sendiri oleh para artis Indonesia yang jenis kue tsb memiliki tampilan yang menarik, cita rasa yang kekinian atau modern, dan memiliki banyak varian rasa. Inilah salah satu foto kue tsb yang sedang ramai diperbincangkan oleh masyarakat Indonesia.
Ini punya Laudya Chyntia Bella
Ini punya Nagita Slavina
Ini punya Prilly Latuconsina
Ini punya Irwansyah
Berdasarkan foto-foto tsb terlihat bahwa kue yang dijual oleh para artis Indonesia ini memiliki kemiripan satu sama lain dan memiliki konsep yang sama dimana konsepnya yaitu membawa daerah-daerah yang ada di Indonesia, sehingga kue-kue tsb diharapkan dapat dijadikan oleh-oleh dan ciri khas dari daerah yang dibawakan masing-masing.
Kemiripan antara bentuk, cita rasa, dan konsep tsb bukanlah hanya sekedar ketidaksengajaan saja, namun artis-artis tsb dinaungi satu manajemen yang dimiliki oleh Zaskia Sungkar dan Irwansyah yaitu Jannah Corp (J-Corp). J-Corp mengusung konsep dalam bisnis kue para artis dengan menjadikan kue tsb sebagai ciri khas dari daerah yang dibawanya sehingga dapat dijadikan sebagai oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung ke daerah tsb. Adapun nama beberapa artis yang tergabung dalam J-Corp yakni.
- Zaskia Sungkar - Surabaya Snowcake
- Irwansyah - Medan Napoleon dan Palembang Lamington
- Laudya Chyntia Bella - Bandung Makuta
- Nagita Slavina - Gigieat Cake
- Prilly Latuconsina - Really Cake Khatulistiwa
- Vidi Aldiano - VidiViniVici
- Ruben Onsu - Semarang Thal Cake
- Sarwendah - Jambi Jambe
- Zaskia Adya Mecca - Mamahke Jogja
- Melly Goeslaw & Anto Hoed - Just Cake Pekanbaru
- Indra Bekti - Cirebon Sultana
Dalam membangun suatu bisnis kita harus memiliki strategi pemasaran agar dapat mencapai keuntungan yang maksimal dan membuat semua orang dapat mengenal dengan baik produk yang kita miliki. Adapun strategi pemasaran menurut W.Y.Stanton adalah sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli aktual maupun potensial. Berdasarkan pengertian tsb sebelum membahas mengenai strategi pemasaran J-Corp kita akan menganalisis SWOT dari J-Corp itu sendiri.
- Strengths (Kekuatan), Kekuatan dari J-Corp yaitu J-Corp dapat lebih mudah untuk memasarkan produknya karena yang memiliki produk tsb adalah artis-artis yang sudah populer sehingga masyarakat lebih mudah mengenali dirinya maupun bisnis yang sedang digelutinya, dan J-Corp membuat kue yang khas yaitu kue kekinian dimana memiliki tampilan yang menarik dan juga memiliki banyak varian rasa yang modern seperti rasa matcha, blueberry, karamel, dll.
- Weaknesses (Kelemahan), Kelemahan dari J-Corp yaitu J-Corp bukan hanya mengusung konsep yang sama saja dari setiap artis yang bergabung namun kue yang dijual pun memiliki kemiripan atau dapat dikatakan jika dari satu kue dengan kue yang dimiliki oleh artis lain memiliki kesamaan dari cita rasa dan bentuk yang membedakan hanya isi yang dibolak-balik saja antar kue yang dijual oleh masing-masing artis, sehingga tidak memiliki keunikan masing-masing
- Opportunities (Peluang), Peluang yang dimiliki J-Corp cukup baik karena J-Corp mengusung konsep kue kekinian yang dimana kue tsb tampilannya menarik dan varian rasa yang modern, selain itu juga diperkenalkan oleh artis-artis populer di Indonesia, sehingga masyarakat khususnya para remaja pun akan tertarik untuk membelinya.
- Threats (Ancaman), Ancaman dari J-Corp yaitu konsep yang dimiliki J-Corp dapat sangat mudah sekali untuk ditiru oleh pesaing. Seperti yang dapat kita lihat sekarang mulai banyak bermunculan bisnis kue yang sejenis dengan J-Corp yang dibuat oleh artis-artis lain yang tidak tergabung dalam J-Corp manajemen.
- Segmentasi Pasar yang dilakukan oleh J-Corp dilihat dari usia dan kebutuhan masyarakat Indonesia yang sulit untuk membeli oleh-oleh jika bepergian ke daerah-daerah di Indonesia.
- Penetrasi Pasar yang dipilih J-Corp yaitu usia remaja hingga dewasa dikarenakan J-Corp juga memilih memasarkan atau mempromosikan produk memalui sosial media khususnya instagram sehingga dapat terlihat yang tergabung dalam instagram tsb lebih banyak remaja dan orang dewasa yang mengakses.
- Posisi Pasar yang dilakukan J-Corp dengan mengusung konsep makanan khas dari setiap daerah di Indonesia, sehingga dapat dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung
- Product (Produk), Produk yang ditawarkan J-Corp yaitu Kue dengan sebutan yang menarik seperti Kue Kekinian.
- Price (Harga), Harga yang ditawarkan oleh J-Corp tergolong terjangkau untuk masyarakat menengah, harga yang ditawarkan pun sekitar 60.000 - 85.000
- Place (Tempat), Tempat yang digunakan untuk menjual produk dari J-Corp yaitu dari daerah-daerah yang terdapat di Indonesia sehingga kue tsb juga membawa nama masing-masing daerah seperti Bandung Makuta yang membawa daerah Bandung, dan untuk toko yang dibuka oleh J-Corp yaitu di tempat yang strategis dan kota besar yang ada dimasing-masing daerah tsb
- Promotion (Promosi), Promosi yang dilakukan J-Corp yaitu dengan menggunakan artis-artis sb yang tergabung dalam J-Corp sehingga tidak memerlukan brand ambassador lagi dikarenakan diri mereka pula yang sudah terkenal dan populer dikalangan masyarakat, dan dengan menggunakan media sosial khususnya instagram, jadi J-Corp tidak mempromosikan produknya memalui televisi atau radio namun hanya menggunakan sosial media sesuai dengan pasar yang ditujju yaitu para remaja yang aktif dalam mesia sosial.
Sekian pembahasan mengenai J-Corp, nantikan pembahasan selanjutnya masih mengenai bisnis dan hal-hal yang berkaitan dengan ekonomi. :)
Daftar Pustaka
terimakasih infonya, dan jangan lupa kunjungi web kami http://bit.ly/2MiUpB1
BalasHapus